Senin, 18 Mei 2015

Antara Balian dan Dokter.

dokter
Balian

Mari kita membahas antara balian dan dokter. Balian adalah nama lain dari dukun, Tapakan atau Jro Dasaran . yang dimaksudkan Balian disini adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mengobati orang sakit. Yang memiliki kepercayaan dari orang tertentu atau golongan bahwa orang tersebut memang memiliki dasar-dasar/Ilmu  dalam mengobati penyakit. Adapun kemampuan tersebut diperoleh dari berbagai cara. Adapaun cara yang saya maksudkan adalah melalui tradisi, turun temurun,taksu, belajar secara otodidak atau belajar dari Guru/Nabe. Balian tidaklah mendapat sertifikat atau Ijasah yang menyatakan bahwa mereka itu Balian. Jadi tidak ada istilah Ikatan Balian Indonesia hehehe. Seperti halnya IDI (Ikatan Dokter Indonesia).
Di Bali Balian sudah terkenal sejak dulu kala hehe. Tahunnya saya tidak persis tahu ya, jangan menntut sama saya ya,,! Silakan cari informasi yang lebih kalau mau tahu lebih dalam. Saya hanya memberikan informasi yang sekedar untuk teman sekalian. Dalam dunia medical menurut Balian ada hal yang harus menjadi patokan dalam mengobati penyakit. Intinya tidak boleh sembarangan dalam mengobati penyakit.
Berbeda halnya dengan Dokter, Bidan, Perawat yang mempunyai pengetahuan untuk mengobati orang sakit melalui proses belajar yang didapatkan dari bangku sekolah. Mereka menempuh pendidikan formal untuk memperoleh gelar atau kemampuan khusus untuk mengobati orang sakit.
Berdasarkan kreteria Balian dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1.       Berdasarkan tujuan yaitu dapat dibedakan yaitu: (1) Balian Panengen dan Balian Pangiwa (2)
2.       Berdasarkan cara memperoleh keahliannya yaitu dapat dibedakan sebagai berikut
1.       Balian Ketakson
2.       Balian Kapican
3.       Balian Usada
4.       Balian Campuran
Balian dandokter. Peranan dari kedua yang saya sebutkan tersebut penting. Balian dalam dunia pengobatan di Bali masih kental walaupun tidak sekental jaman duloe hehe. Bisa teman lihat perbedaannya sendiri antara banyaknya pasien yang pergi keBalian vs pergi ke formal medical. Seperti halnya Dokter, RSU, Bidan dll. Teman bisa hitung dengan jari dech..!! Apa yang menjadi perbedaan dalam jumlah pasien yang hadir ke Non formal medical alias Balian dan formal medical/ dokter. Silakan teman sekalian observasi dan analisa sendiri untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam ya hehehe! Tinjauan penting tersebut akan memebrikan masukan,kritik dan saran untuk pelayanan yang lebih baik terhadap pasien dari kedua belah pihak baik Balian dan Dokter. Sebelum saya mengakhiri artikel ini adal yang saya ingin sampaikan tentang kesehatan “ Kesehatan lebih penting dari segalanya”. Mengenai kreteria Balian yang saya sebutkan diatas akan saya bahas dilain kesempatan. Salam dan terimaksih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar yang sopan. Terimkasih